Jomblo Itu Asik - CSSMoRA UINSA

Kabar Terkini

CSSMoRA UINSA

SITUS CSSMORA UINSA

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 23 November 2017

Jomblo Itu Asik



Oleh : Firda Rodliyah*

            Pernah nggak kalian berpikir, apa sih jomblo itu? Apa juga asiknya men-jomblo? kan sendirian. Tak punya pasangan, rata-rata hidupnya ngenes, nggak pernah malam mingguan,kan nggak ada yang ngajak jalan, hp pun sepi. Sukanya iri lihat orang mesra-mesraan, nggak ada yang manggil sayang, beibeh, abi umi, ayah bunda, mamah papah, apalah itu. Lalu, jika dibandingkan dengan orang pacaran pas kalau lagi berantem sampai ngalah-ngalahin yang udah rumah tangga menurutmu enak mana?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jomblo adalah keadaan dimana seseorang tidak punya pasangan atau mengalami kemalangan. Fokus deh sama dua kata terakhir! Upss..! Meski artinya agak sesak di hati bukan berarti para jomblowers harus bersedih. Setiap keadaan yang kita alami punya nilai positif dan negatif masing-masing. Sehingga untuk memilih jalan hidup, hendaklah menelisik nilai yang ada terlebih dahulu. Sebelumnya telah disinggung tentang beberapa dari sekian banyak kekurangan jomblo. Tapi hal tersebut tak menutup kemungkinan juga bahwa jomblo itu indah. Mengapa demikian?
Jomblo lahir sebagai dan teruntuk pasangan yang baik. Mereka berusaha memperbaiki diri sebelum Tuhan memberinya jodoh di masa mendatang. Meski media sosial seperti kuburan, namun dunia mereka lebih asik daripada anak pacaran. Tak ada batas pertemanan dengan siapapun. Mau berteman dengan cewek, cowok, banci kaleng, orang gila, pejabat, presiden atau siapapun tak akan ada yang melarang. Bahkan solidaritas akan lebih rekat ketika bersama orang-orang yang jiwanya bebas tanpa terikat hubungan.
Saya menulis ini bukan berarti memojokkan mereka yang berpasangan, apalagi meratapi kesendirian, tapi inilah yang terlihat dari lingkungan sekitar. Menurut saya sih, orang jomblo itu ada beberapa macam. Pertama, jomblo karena baru diputusin atau mutusin pacar. Untuk jenis ini, mereka yang masih berusia remaja mayoritas bawa perasaan (baper, Red.) dengan masa lalu. Contohnya saat melewati suatu tempat, terus keinget masa-masa pacaran, akhirnya baper dan nangis. Setelah itu, pas hujan turun, update status di facebook “Tuhan, salamkan rinduku padanya”. Biasanya hal semacam ini sering disebut sebagai Jones atau jomblo ngenes.
Jones oleh sebagian orang juga bisa diartikan sebagai jomblo happiness. Jenis ini diperuntukkan bagi para jomblowers yang tak ingin disebut sebagai makhluk baper dan penggila hubungan. Mereka lebih menikmati dunianya ketimbang sibuk mikirin perasaan anak orang. Meski saat ulangan tak ada yang memberi semangat belajar, ingin tidur tak ada yang mengucapkan selamat tidur, makan atau tidak enggak ada yang ngingetin, tapi teman mereka selalu ada disaat susah maupun senang. Bila saja dengan pacar bisa mesra-mesraan, dengan sahabat dapat lebih bersenang-senang. Bila pacar bisa putus kapan saja, sahabat takkan bisa terputus meski jauhnya jarak.
Allah SWT berfirman:
ولا تقرب الزنى إنه كان فاحشة وساء سبيلا
Dan janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Israa:32)
Nah, Allah saja udah ngingetin demikian. Maka berbahagialah wahai jomblowers. Usah melihat mereka yang bergandengan tangan berdua di depan umum tanpa status jelas. Setidaknya kamu bisa melakukannya lebih mesra dan halal tentunya – tapi nanti. Tunggu saja, tapi jangan lupa tuk selalu berdo’a untuknya yang belum pernah dipertemukan. Dan juga terus berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik. Tuhanmu kelak memberi jodoh terbaik ketika waktu telah tiba. Jika belum saja datang, mungkin kau masih harus berbenah diri lagi. Have fun! Wallahua’alam. J

*Penulis adalah Mahasiswa aktif Bimbingan dan Konseling Islam semester I asal Mojokerto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad